77 Perusahaan Menangkan Penghargaan Keselamatan Operasi Migas : BOB Dapatkan Patra Nirbhaya Karya Utama Adinugraha I

Posted on: 25 Agustus, 2016 (1414 Views)


Nusa Dua- Sebanyak 77 perusahaan yang bergerak di sektor hulu dan hilir minyak dan gas bumi (migas) memperoleh penghargaan keselamatan operasi migas. Sebanyak delapan penghargaan tertinggi dimenangkan unit usaha dan anak usaha PT Pertamina (Persero).

"Penerima penghargaan secara keseluruhan berjumlah 77 perusahaan, yang terdiri dari 45 perusahaan di bidang hulu dan 23 di bidang hilir," kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I Gusti Nyoman Wiratmaja dalam acara Forum Komunikasi Keselamatan Migas 2016 di Nusa Dua, Rabu (24/8) malam.

Dia mengatakan, penganugerahan penghargaan keselamatan migas dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang 22/2001, serta Peraturan Pemerintah (PP) 35/2004 dan PP 36/2004. "Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap keberhasilan perusahaan dalam menjamin kelangsungan keselamatan kerja di kegiatan usaha migas," kata dia.

Menurutnya, penghargaan keselamatan migas tahun ini diberikan untuk kategori tidak adanya kehilangan jam kerja sebagai akibat terjadinya kecelakaan. Perusahaan penerima penghargaan telah memenuhi persyaratan serta melalui proses evaluasi dan verifikasi oleh tim juri yang ditunjuk pihaknya.

Penghargaan tertinggi Patra Nirbhaya Karya Utama (Adinugraha), sebut Wiratmaja, dimenangkan oleh 11 perusahaan migas. Selanjutnya, 27 perusahaan menerima penghargaan Patra Nirbhaya Karya Utama, 20 perusahaan memperoleh Patra Nirbhaya Karya Madya, serta 19 perusahaan mendapatkan Patra Nirbhaya Karya Pratama.

Dari 11 penerima penghargaan di kategori Adinugraha, tujuh di antaranya anak usaha Pertamina. Ke 11 penerima penghargaan platinum Adinugraha tersebut yaitu PT Pertamina (Persero) – Refinery Unit VI, PT Badak NGL, PT Pertamina (Persero) – Refinery Unit III, PT Pertamina EP Exploration and New Discovery Project, serta BOB PT Bumi Siak Pusako – Pertamina Hulu.

"Saya ucapkan selamat yang dapat penghargaan tertinggi, utamanya Pertamina yang dapat 8 penghargaan," kata Pelaksana Tugas Menteri ESDM Luhut Binsar Panjaitan.(Beritasatu.com)




Foto lain