Patra Adikriya Bhumi Pratama 2015 Penghargaan untuk BOB

Posted on: 23 Desember, 2015 (1626 Views)


PATRA ADIKRIYA BHUMI, adalah penghargaan yang diberikan Pertamina kepada Unit Operasi (UO) atau Anak Perusahaan (AP) yang dipimpin General Manager atau setara. Penghargaan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kepedulian, peran aktif dan motivasi bagi seluruh UO/AP dalam mengimplementasikan aspek HSE guna terwujudnya HSE excellence.

Penghargaan tersebut dirasakan penting diberikan secara berkala, atas berbagai upaya yang dilakukan UO/AP yang menerapkan aspek-aspek HSE secara baik sesuai atau bahkan beyond  peraturan perundangan, standar nasional/internasional serta best practices.

Penilaian telah dilaksanakan mulai tanggal 11 Desember 2013 s.d 10 Desember 2015, atau dalam kurun waktu dua tahun untuk melihat konsistensi penerapkan HSE di UO/AP. Sejumlah 29 UO/AP diikutkan dalam penilaian dan 11 UO/AP dinyatakan lolos seleksi awal serta masuk ke babak presentasi implementasi dan pengelolaan aspek HSE, dengan kriteria Unit Operasi/Anak Perusahaan tidak mengalami beberapa hal sebagai berikut :

  1. Kecelakaan yang mengakibatkan fatality.
  2. Kebakaran skala besar (kerugian akibat property damage > USD 1 juta).
  3. Pencemaran/tumpahan minyak > 15 barel.
  4. Nilai PROPER dibawah biru.
  5. Realisasi TRIR >  base target.
  6. Pelaksanaan MCU < 80% dari total pekerja Pertamina.
  7. Nilai asesmen HSE MS skala internasional di bawah base target

Penilaian dilakukan oleh dewan juri yang ditunjuk dan ditetapkan melalui Surat Perintah Direktur Umum PT Pertamina (Persero). Dewan juri terdiri dari VP HSSE, Manager HSSE di level korporat, Manager HSSE Direktorat Pengolahan, Manager HSSE Direktorat Pemasaran, HSE TC Manager, Health & Medical Management Manager dan Manager SMR.

Sistem penilaian yang dilakukan mengacu pada Pedoman Penghargaan HSE No. A-001/I00200/2013-S0, agar memiliki standar dan ukuran yang jelas. Dimana penilaian tersebut mencakup :

 1. Implementasi kesisteman HSE secara umum

 2. Implementasi Program HSE yang ditetapkan Direksi Pertamina

 3. Penilaian kasus-kasus aspek HSE

 4. Upaya proaktif dan penghargaan HSE

Hasil penilaian akhir menetapkan 9 UO/AP berhak mendapatkan penghargaan Patra Adkriya Bhumi, dan salah satu nya adalah BOB PT. Bumi Siak Pusako-Pertamina Hulu dengan penghargaan PATRA ADIKRIYA BHUMI PRATAMA.

Melalui penghargaan Patra Adikriya Bhumi, diharapkan BOB mampu mempertahankan kinerja dan integritasnya dalam pengelolaan aspek HSE kedepan. Salam HSE!




Foto lain