KUNJUNGAN PRAKTEK MAHASISWA/I S2 LINGKUNGAN UNRI KE BOB PT. BUMI SIAK PUSAKO – PERTAMINA HULU

Posted on: 20 Mei, 2015 (1292 Views)


Mahasiswa/I S2 Jurusan Lingkungan UNRI melaksanakan kegiatan kunjungan praktek di BOB PT. Bumi Siak Pusako – Pertamina Hulu Zamrud Area. Rombongan Mahasiswa/I S2 Lingkungan UNRI ini disambut oleh Bapak Novi Sugiyanto selaku Senior Operation Manager  dan Staff BOB.

Bapak Novi Sugiyanto, dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa sangat berterima kasih kepada Dosen Pembimbing dan Rekan Mahasisawa/I S2 Lingkungan UNRI yang telah mempercayai BOB PT. Bumi Siak Pusako – Pertamina Hulu sebagai tempat studi banding dan diskusi tentang Ilmu Lingkungan, semoga kegiatan kunjungan praktek ini dapat menambah wawasan Lingkungan, khususnya Lingkungan Operasional MIGAS. Bapak Novi Sugiyanto juga menyampaikan sebagaimana kita lihat bersama, area operasional BOB berdampingan dengan Masyarakat (seperti rumah penduduk, perkebunan masyarakat) dan Instansi Pemerintah seperti BKSDA, PT. RAPP (kawasan suaka dan perkebunan). Kondisi ini sangat berbeda dengan beberapa tahun silam. Namun demikian, dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya, BOB tetap mengacu kepada SOP yang berlaku di MIGAS.

Dosen Pembimbing S2 Lingkungan UNRI, Profesor Yusni Ikhwan menyampaikan, rasa syukur dan terima kasih kami kepada BOB PT. BSP – Pertamina Hulu yang memberikan kesempatan dan waktu bagi Mahasiswa/I kami untuk mempelajari dan diskusi tentang Ilmu Lingkungan Operasional MIGAS. Kedepannya, kami berharap dapat melanjutkan kerjasama dengan BOB lebih erat lagi, khsususnya dalam bidang lingkungan dan bidang ilmu lainnya.

Pada kesempatan itu, Bapak Edi Hermawan selaku TL. Operation menyampaikan Materi tentang produksi BOB. Bapak Edi Hermawan menerangkan sejarah berdirinya perusahaan, sejarah awal terbentuknya area zamrud sampai proses akhir kegiatan produski MIGAS BOB.

Dalam kesempatan yang sama, Bapak Harry Winata selaku staff lingkungan BOB memberikan materi lingkungan MIGAS BOB mulai proses awal sampai proses akhir pengolahannya.

Kegiatan kunjungan praktek ini dilanjutkan dengan melihat langsung proses di Gathering Station (GS) dan WCP dan berakhir dengan Photo bersama. (AH)